icmazier

Nilai Token (1): Dasar-dasar Model Token Independen

Sebelum Anda membaca artikel ini, baca dulu:

Seperti yang Anda lihat di pelajaran sebelumnya, peningkatan tumpukan Anda di turnamen SNG tidak meningkatkan nilainya dengan cara yang sama, yang berarti bahwa chip turnamen SNG dan nilainya tidak terkait langsung. Itulah mengapa Anda harus selalu memikirkan nilai harapan moneter ($ EV) daripada nilai harapan token (cEV) saat membuat keputusan.

Untuk mengetahui nilai uang dari keputusan Anda, Anda harus mengetahui nilai sebenarnya dari chip tersebut. Tapi bagaimana kita bisa? untuk menetapkan nilai moneter ke tumpukan chip tertentu? Berikut adalah Model Token Independen untuk kami (ind. Model Chip Independen (selanjutnya ICM)). Dalam pelajaran ini, Anda akan mempelajari apa itu ICM, cara kerjanya, dan apa kekurangannya. Untuk lebih memahami ICM, kami akan memberikan beberapa contoh dari permainan.

ICM – apa itu dan bagaimana cara kerjanya

ICM adalah cara paling populer untuk menetapkan nilai moneter ke tumpukan chip tertentu. Peran alat ini sangat penting dalam turnamen SNG, tetapi juga dapat digunakan di turnamen MTT.

[box type=”note” width=”100%” ]Model Token Independen (ICM): Model untuk menetapkan nilai moneter ke chip turnamen.[/box]

ICM menentukan nilai moneter dari tumpukan tertentu menghitung nilainya di kumpulan hadiah. Nilai ini ditentukan dengan menghitung probabilitas untuk menyelesaikan turnamen di tempat-tempat tertentuberdasarkan ukuran tumpukan. Untuk membuatnya lebih jelas bagi Anda, Anda dapat menganggap model ini sebagai lotere di mana setiap token yang Anda miliki adalah tiket.

Bayangkan Anda bermain di turnamen SNG 9 orang dan memiliki seperempat dari semua chip yang tersedia. Semua token (tiket) dimasukkan ke dalam drum dan kami menarik pemenang tempat pertama. Setelah pengundian pertama, kami memiliki pemenang. Semua tiketnya dihapus. Sekarang ada undian lain untuk tempat kedua. Kami mengulangi semua ini untuk sisa tempat.

Jika kami mengulangi prosedur ini jutaan kali, kami akan dapat menetapkan kepada semua pemain kemungkinan bahwa mereka akan menyelesaikan turnamen di tempat-tempat tertentu. Setelah kita memiliki angka-angka ini, berdasarkan struktur pembayaran, sama sekali tidak sulit untuk menghitung berapa banyak uang rata-rata yang akan dimenangkan setiap pemain. Menurut ICM, “hadiah rata-rata” ini adalah nilai moneter dari tumpukan.

Jika kita mengikuti contoh ini, dengan seperempat dari semua chip Anda akan memenangkan turnamen 25% dari waktu. Namun, kemungkinan mengambil tempat lain tidak dihitung dengan mudah.

[box type=”note” width=”100%” ]ICM mengevaluasi tumpukan chip dengan menghitung probabilitas bahwa setiap pemain akan menyelesaikan turnamen di lokasi tertentu.[/box]

Estimasi tumpukan berdasarkan ICM

Mari kita lihat bagaimana kita dapat menetapkan nilai moneter ke token menggunakan ICM.

Perhitungan manual

Seperti yang telah Anda lihat, menghitung probabilitas berdasarkan ICM bahwa Anda akan menyelesaikan turnamen di tempat pertama cukup mudah. Namun, menghitung kemungkinan menyelesaikan di tempat lain jauh lebih sulit.

Secara matematis, kita dapat menggunakan solusi bentuk tertutup untuk mendapatkan peluang menempati tempat tertentu. Kami dapat melakukan ini menggunakan probabilitas bersyarat, tetapi ini cukup rumit dan kami tidak akan benar-benar menggunakan semuanya selama permainan.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang ICM. Tentu saja, Anda tidak akan pernah tahu nilai pasti tumpukan selama permainan, tetapi Anda akan dapat secara intuitif membuat perkiraan kasar tumpukan di setiap situasi. Dan hanya itu yang Anda butuhkan.

Anda dapat mengembangkan kemampuan ini dengan menghitung nilai tumpukan yang berbeda, menggunakan program khusus, dan mempraktikkan perhitungan ini dengan situasi yang berbeda dari permainan. Anda sekarang akan belajar bagaimana ini bisa dilakukan.

ICM skaičiuotuvai

Seperti yang sudah Anda ketahui, menghitung nilai tumpukan secara manual itu rumit dan memakan waktu. Untungnya bagi Anda, bagaimanapun, Anda dapat memanfaatkan program yang secara otomatis akan menghitung nilai uang dari tumpukan untuk Anda.

Anda dapat menemukan salah satu aplikasi paling populer disini. Yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan nilai uang dari tumpukan adalah memasukkan data yang diperlukan dan klik “hitung”. Hasilnya akan terlihat seperti ini:

lebih keren

Contoh untuk meningkatkan naluri ICM Anda

Lihatlah contoh ini dari turnamen 9 orang $10 + $1 SNG yang memiliki struktur pembayaran 50/30/20. Dengan lima pemain tersisa, ukuran tumpukan adalah sebagai berikut:

fundamentals_of_icm_article_11-05

Menurut ICM, probabilitas mengambil 1/2/3/4/5 tempat adalah:

Kesempatan untuk menempati tempat tertentu
1 2 3 4 5
22,22% 23,43% 24,34% 20,05% 10%

Dalam hal ini, menurut ICM, nilai chip Anda adalah $20.70:

Perhitungan

Nilai uang tumpukan Anda menurut ICM ($EV) = probabilitas untuk mengambil tempat 1 * nilai hadiah tempat 1 + probabilitas untuk mengambil tempat ke-2 * nilai hadiah tempat ke-2 + probabilitas untuk mengambil tempat ke-3 * nilai hadiah tempat ke-3

peluang memenangkan hadiah tempat pertama: 22,22%

Nilai hadiah juara 1 : $45

peluang memenangkan hadiah tempat pertama: 23,43%

Nilai hadiah juara 1 : $27

peluang memenangkan hadiah tempat pertama: 24,34%

Nilai hadiah juara 1 : $18

$EV = 0,2222*$45 + 0,2343*$27 + 0,2434*$18 = $20.70

Untuk lebih memahami cara kerja ICM dan hubungan antara ukuran tumpukan dan nilainya, lihat evaluasi semua tumpukan dari contoh sebelumnya (angka telah dibulatkan ke ratusan terdekat):

Estimasi tumpukan berdasarkan ICM
Pemain Token Peluang untuk menyelesaikan turnamen di tempat 1/2/3/4/5 Nilai uang dari tumpukan
1 1000 7,42% / 9,33% / 12,94% / 22,05% / 48,4% $8,17
2 3500 25,92% / 25,73% / 23,74% / 17,25% / 7,5% $22,87
3 3000 22,22% / 23,43% / 24,34% / 20,05% / 10% $20.70
4 1500 11,12% / 13,53% / 17,74% / 27,95% / 29,7% $11,84
5 4500 33,32% / 28,03% / 21,44% / 12,85% / 4,4% $26,42

Dalam pelajaran berikutnya, Anda akan belajar kapan dan bagaimana Anda harus mengevaluasi nilai tumpukan dan menggunakannya selama permainan.

Asumsi dan kekurangan

ICM didasarkan pada asumsi tertentu. Untuk menyederhanakan seluruh proses dan memungkinkan perhitungan ini, ICM membuat asumsi berikut:

  • Semua pemain memiliki keterampilan yang sama.
  • Posisi saat ini tidak relevan.
  • Citra para pemain di meja tidak penting.
  • Tirai tidak masalah.

Berkat asumsi ini, perhitungan dimungkinkan, tetapi semua ini menunjukkan kekurangan yang dimiliki ICM. Karena faktor-faktor yang diabaikan oleh ICM sangat penting dalam pengambilan keputusan, kita akan membicarakannya di pelajaran berikutnya untuk belajar bagaimana beradaptasi secara tepat dengan situasi yang ada. Meskipun ICM terkadang terbatas dalam hal akurasi (karena faktor-faktor yang tercantum di atas), ICM tetap memberikan hasil yang berharga dan akurat.

Dalam hal ICM, ada beberapa algoritma estimasi tumpukan. Yang paling populer adalah model Malmuth-Harville. Model ini digunakan dalam perhitungan dalam tutorial ini. Dalam pelajaran lanjutan tentang ICM, Anda akan belajar tentang algoritma lain serta perbedaan dan persamaannya.

Ringkasan

Dalam pelajaran ini, Anda mempelajari dasar-dasar Model Token Independen:

  • ICM adalah model yang memberikan nilai uang pada chip turnamen.
  • ICM mengevaluasi tumpukan chip menghitung probabilitas bahwa setiap pemain akan menyelesaikan turnamen di tempat tertentu dan menghitung nilainya di kumpulan hadiah.
  • ICM didasarkan pada asumsi tertentu, sehingga model ini tidak sempurna dan memiliki kekurangan.

Sumber: PokerStrategy.com

Author: Marvin Hart